Pengguna Tokopedia Aman

Galeri Tokopedia (foto TribuneTechno)

[Minggu, 03/05/20/10.11wib/ditulis oleh Awasita Adi] Belakangan seperti santer diberitakan karena dipicu unggahan di akun Twiter @underthebreach, sebanyak 15 juta akun pengguna Tokopedia diretas. Peretasan ini diduga bisa mengakibatkan tindak kriminal cyber yang merugikan secara sosial dan finansial para pengguna tersebut.

Namun menurut berbagai sumber termasuk pakar di bidang keamanan cyber Alfons Tanujay dari www.Vaksin.com, walau potensi kerugian itu mungkin bisa terjadi, namun amat sangat sulit. Mendeskripsi password yang sudah dienkripsi sangat sulit, perlu waktu panjang sampai peretas mampu menemukannya. Itu yang dikatakan Alfons.

Hal yang perlu dilakukan dalam situasi seperti itu adalah anjuran klasik untuk pengguna dunia maya, penggantian password secara berkala adalah sebuah keharusan.

Demi keamanan yang lebih tinggi lagi, Alfons juga menganjurkan segera saja ambil tindakan darurat, untuk sementara tutup semua aplikasi keuangan yang terhubung ke Tokopedia.



Sumber dari Tribunnews.com dengan judul Soal Laporan Kebocoran Data 15 Juta Pengguna Tokopedia, Begini Analisis Ahli, https://www.tribunnews.com/techno/2020/05/03/soal-laporan-kebocoran-data-15-juta-pengguna-tokopedia-begini-analisis-ahli.

One thought on “Pengguna Tokopedia Aman

  • 03/05/2020 at 10:24
    Permalink

    Makanya rutin ganti password. Kan udan dikasitau gitu selalu. Akun2 medsos juga wajib diganti PW – nya rutin. Bikin PW juga yg rumit kombinasi huruf, angka, tanda baca, lower case dan upper case letters…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *